Cara Iklan di Google Ads Bagi Pemula

Sebelum mengetahui bagaimana cara iklan di google ads, ada baiknya ketahui terlebih dahulu pengertian iklan dan google ads. Iklan adalah informasi tentang pemasaran barang atau jasa melalui media cetak, audio, maupun elektronik. Barang atau jasa tersebut dibuat oleh produsen yang bertujuan agar masyarakat tertarik untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Sedangkan pengertian google ads sendiri adalah aplikasi yang dibuat dari google yang bergerak di bidang periklanan. Aplikasi ini adalah salah satu cara masyarakat dalam memasarkan barang dan jasa yang ditawarkan. Namun, sebelumnya harus mempunyai akun untuk menikmati fitur yang ada di aplikasi google ads.

Cara iklan di google ads bisa terbilang mudah bagi yang sudah mengetahui caranya. Namun bagi pemula masih terbilang susah karena belum terlalu lincah dalam membuat iklan di aplikasi google ads. Maka dari itu membutuhkan bantuan orang lain maupun tanpa bantuan dengan mencari informasi di google. Berikut ini cara iklan di google ads bagi pemula yang ingin membuat iklan produknya.

1. Mendaftar atau Membuat Akun

Bagi pemula yang belum mempunyai akun di google ads harus membuat akun terlebih dahulu. Akun merupakan data diri pengguna dalam dunia maya. Cara mendapatkan akun adalah mengisi data diri yang telah disediakan untuk mendapatkan alamat email dan kata sandi (password). Kemudian masukkan alamat email dan kata sandi untuk sign in.

2. Menentukan Anggaran Harian

Jika sudah sign ini di aplikasi google ads, kemudian akan muncul beberapa kolom untuk diisi. Kolom pertama adalah putuskan jumlah yang akan dibelanjakan atau menentukan anggaran harian. Dalam menentukan anggaran harian, pemilik akun bebas memasukkan berapa nominal yang diinginkan. Nominal tersebut bisa diubah di hari berikutnya jika merasa kurang atau lebih.

3. Memilih Target Pemirsa

Kolom kedua adalah pilih pemirsa target. Cara memilih target pemirsa adalah berdasarkan wilayah yang dipilih. Pengguna akan memilih wilayah yang di inginkan. Sehingga masyarakat yang ada di wilayah tersebut bisa melihat iklan yang diupload dengan cara mengetik kata kunci yang cocok. Selain itu, bisa juga mengecualikan wilayah yang tidak dapat melihat iklan di posting.

4. Pilih Jaringan Iklan

Dalam memilih jaringan iklan, tersedia dua pilihan yaitu jaringan penelusuran dan display network. Pengguna disarankan memilih jaringan penelusuran karena semua pengguna google bisa menelusuri iklan yang diupload. Dan tidak disarankan memilih display network karena tidak efektif dalam menjangkau pemirsa yang tepat. Selain itu, biaya iklan akan berkurang dan tidak mubazir.

5. Memilih Kata Kunci dan Menentukan Bidding

Memilih kata kunci yang sesuai dengan bisnis iklan yang ditawarkan. Selain itu, harus spesifik agar mudah ditemukan. Sedangkan dalam menentukan bidding yang ada di kolom ketiga yaitu tetapkan tawaran ada dua cara. Pertama, memberikan kepercayaan kepada google dalam menentukan harga per klik. Kedua, pengguna yang mengisi sendiri berapa nominal yang akan dibayarkan per klik.

6. Membuat Iklan dan Pembayaran

Kolom keempat atau kolom terakhir adalah membuat iklan. Yang terdiri dari halaman landing (home), judul 1 sebagai penentu, judul 2 sebagai tambahan. Dan yang terakhir deskripsi yang berfungsi sebagai detail tentang produk, jasa, atau bisnis yang diiklankan. Sedangkan pembayaran terdiri dari negara dan zona waktu, info pelanggan, cara pembayaran, metode pembayaran, dan centang persetujuan.

Itulah cara iklan di google ads bagi pemula yang ingin membuat iklan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Pemula bisa mengikuti panduan yang dipaparkan. Caranya juga sangat mudah dan tidak memakan waktu yang banyak untuk membuat akun. Sehingga pengguna tidak bingung.