5 Alasan Peluang Usaha Catering Rumahan Sangat Menjanjikan

Catering adalah peluang usaha yang bagus, terutama catering rumahan yang saat ini mulai digemari oleh ibu-ibu rumah tangga maupun yang sudah memiliki pekerjaan tetap seperti PNS dan karyawan perusahaan. Berikut ini penjelasan terkait peluang usaha catering rumahan yang rugi jika tidak dijalankan:

1. Tidak Membutuhkan Modal Usaha Yang Besar

Catering rumahan dianggap peluang usaha bagus karena tidak membutuhkan modal besar. Bahkan pebisnis bisa mengelola usahanya dalam bentuk bayar di muka yang disebut dengan istilah panjar. Maksudnya pemesan membayar separuh dulu sisanya jika masakan sudah selesai dibuat. Uang panjar bisa digunakan sebagai modal usaha catering. Seperti untuk dibelikan bahan masakan sesuai porsi pesanan, pengadaan bumbu masak, persiapkan stok lauk pauk dan selainnya.

Dengan sistem panjar pengusaha tidak perlu mengeluarkan modal sendiri. Karena sudah ada separuh bayaran pesanan di awal yang bisa dijadikan modal untuk belanja. Sedangkan pembayaran sisanya bisa dianggap sebagai keuntungan dari usaha tersebut.

2. Pesanan Catering Cukup Ramai

Peluang usaha catering rumahan bagus yang kedua adalah pesanan catering cukup ramai. Sebab, bisnis ini tidak terbatas oleh waktu, acara serta kondisi atau keadaan. Bahkan acara-acara ulang tahun sekalipun sudah banyak yang menggunakan jasa catering.

Pemesanan datang siang hari kadang malam hari. Pebisnis tinggal mengatur saja siapa pemesan yang memesan lebih dulu ia yang harus diprioritaskan. Begitu juga dengan pesanan yang akan diambil lebih awal, juga harus dikerjakan di awal. Artinya pesanan catering bisa datang kapan saja.

3. Keuntungan Usaha Sangat Besar

Catering adalah usaha kreatif sekalipun berskala kecil-kecilan (rumahan). Maka dari itu, pebisnis bisa mematok harga mahal untuk se-porsi makanan yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Itu artinya, keuntungan atau profit yang akan didapatkan juga besar. Jika masakan disukai pasti pemesan akan menjadi pelanggan tetap. Mereka tidak akan menyewa jasa catering yang lain jika kebetulan membutuhkannya di acara-acara yang lebih besar. Seperti resepsi perkawinan, acara wisuda, seminar dan semacamnya.

Semakin besar acara tentu harga catering semakin mahal. Karena yang pastinya persiapan dana pemesan untuk hal tersebut juga banyak. Sehingga tidak mungkin pebisnis menghargai masakannya sama dengan harga untuk acara-acara biasa.

4. Usaha Mudah Dijalankan

Peluang usaha catering rumahan dikatakan bagus yang ke empat adalah bentuk usahanya mudah dijalankan. Apalagi jika pengusaha memang memiliki kemampuan memasak yang hebat tentu usaha catering tidak akan merepotkan.

Dibutuhkan manajemen usaha untuk membesarkan bisnis catering. Namun pebisnis bisa belajar sembari terus ber-inovasi dengan masakannya. Karena yang terpenting dalam bisnis ini ialah cari dulu pelanggan sebanyak-banyaknya dengan tester masakan yang lezat dan harga standar. Jika bisnis sudah terkenal baru terapkan manajemen. Ini fungsinya untuk menciptakan keteraturan di dalam usaha supaya hasil kerja lebih memuaskan. Ini yang agak sulit dibandingkan sekadar membuat masakan.

5. Bisnis Bisa Dijalankan Dari Rumah

Usaha catering bisa dijalankan dari rumah. Sehingga pengelola tidak perlu membangun toko apalagi gedung yang tentunya membutuhkan biaya yang besar. Terkait hal ini, tentu membuka usaha catering adalah hal yang menyenangkan.

Pebisnis bisa mengajak keluarga untuk menjalankan bisnis. Silakan direkrut yang kebetulan sedang menganggur atau yang memiliki waktu luang dan ingin mencari penghasilan tambahan. Hitung-hitung untuk membantu meningkatkan pendapatan mereka.Pastikan keluarga yang menjadi karyawan memiliki kemampuan memasak. Karena jika masih mengajarkan perkembangan usaha akan berjalan lambat. Apalagi jika usaha sudah terkenal dan memiliki banyak pelanggan.

Demikian alasan mengapa peluang usaha catering rumahan dianggap luar biasa. Apalagi jika dijalankan dengan serius dan pebisnis senantiasa belajar mencari menu-menu baru yang membuat pemesan lebih memiliki banyak pilihan.